Senin, 09 Januari 2017

Ada apa dengan fikah


Assalamualaikum 


Ada apa dengan fikah?? πŸ˜…πŸ˜…

Disini saya tidak akan berkisah cinta seperti angga dan cinta.
Tetapi saya disini akan berkisah cinta..cinta akan tubuh dan kesehatan diri πŸ˜ƒ
Sekarang ini memang saya rajin upload foto makanan vegetarian..
Tak banyak orang juga yang bertanda tanya..
Ada apa dengan fikah? πŸ˜…πŸ˜…
Mungkin udah pada nungguin jawaban saya..
Mau tau penjelasannya..

Satu persatu pertanyaan akan saya jawab dengan tidak terlalu detail.. πŸ˜ƒ

》sekarang fikah vegetarian?
♡ saya vegetarian dari dulu kok πŸ˜ƒ suka makanan2 yg hijau yang diolah dengan simple πŸ˜‰ cuma...sekrang udh punya smartphone..jadi suka upload2 foto... dlu ga pernah upload foto kalau mau makan2an hijau...ya...u know lah hp gue dlu gimana πŸ˜…πŸ˜… maklum skrng baru megang hape yg smart jadi mohon maaf bagi yang terganggu dengan upload2an gue baik di fb atau di ig  πŸ˜…πŸ˜….


》fikah diet??
♡duuh...apakah yang makan2an hijau /vegetarian itu termasuk yg sedang diet 😣😣 tiap hari kambing makannya vegetarian terus...apakah kambing juga lagi diet πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…...tujuan gue sih cuma satu..cuma mau hidup sehat selagi muda..biar tua nya ga penyakitan..walaupun gue tau..hidup dan mati itu di tangan allah..
Tapi apa salahnya ya ga kita jaga makanan yg diasumsi kita dari skrng πŸ˜‰ jadi sedari muda harus jaga pola makan dan makan2an yg di asumsi kita..sebagaimana slogan gue yg biasanya gue tulis di postingan2 fb dan ig gue..

☆makan itu murah...yang mahal itu gengsi..tapi lebih mahal lagi adalah kesehatan..sehat itu adalah aset penting☆πŸ˜‰

Lagipula anak zaman skrng yg di upload makan2an yang tidak sehat yg mengandung banyak lemak, soda, makanan instan dll πŸ˜…πŸ˜… sampe2 bosen gue liatnya ✌✌ siapa tau kalau gue upload yg ijo2 jadi fresh lagi(padahal mah ga ngaruh fikah) πŸ˜…πŸ˜…
Dan berharap ada yang meniru...biar yg lain ikut ketuleran hidup sehat juga πŸ˜ƒ

Biasanya sih..kalau dirumah ada yg makan2an instant gitu..kita ledekinnya gini

πŸ‘©Hmmm...makanan instan...cepet itu mah
πŸ‘± cepet apa?? Masaknya??
πŸ‘©cepet is dead πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…

*percakapan diatas tidak patut ditiru πŸ˜…πŸ˜… jadi jangan dipraktekkan.

Dibawah ini bakal gue jelasin latar belakang gue knpa

Semua orang pasti ingin terus sehat dan tanpa penyakit..
Tapi ada jenis penyakit yang tidak bisa ditolak yang ada didalam tubuh kita. Penyakit ini biasanya penyakit genetik yang bisa turun menurun ke keturunan selanjutnya.. πŸ˜‚
Gen dari orangtua akan membawa sifat yang akan terpendam sebagai sebuah penyakit.
Kemudian penyakit tersebut akan muncul akibat pengaruh lingkungan dan pola hidup yang tidak baik dari orang tersebut.


♧Bpk ku..pnya penyakit darah tinggi, asem urat,  dan kolestrol. Dulu ada diabetes juga..tapi sekarang udah ga ada diabetes..karna udah mengurangi konsumsi nasi πŸ˜ƒ alhamdulillah ya... πŸ˜ƒ

♧mama pnya sakit maag, dan asam lambung..

Gue sebagai anak..khawatir akan terkena penyakit2 yg udah terjangkit di ortu gue..
Sebagaimana iklan yg di tv itu..bahwa anak beresiko lebih besar πŸ˜₯πŸ˜₯
Dari situlah gue berpikir keras πŸ€”πŸ€”
Gue mau hidup sehat..ga mau sakit2an..so..gue harus jaga kesehatan dan pola makan gue dari skrng.
Karna makanan yg kita konsumsi skrng akan berdampak di kemudian hari.
Walaupun kebanyakan orang mikirnya.. "ah..gue gpp mkn ini "
Dampak dari pola makan yg salah dan mengkonsumsi makanan yg salah memang tidak akan langsung berdampak secara cepat.. πŸ˜‰ betuuul tidak??

Mama gue sering sekali menyuruh gue makan sayur2an..mumpung masih muda..kalau udah penyakitan mah repot..ga boleh makan ini itu..kaya bapak gue..makanannya harus dijaga ketat banget...ga boleh makan kangkung,sawi,duren,coklat,keju, pokoknya makanan enak lainnya πŸ˜‚πŸ˜‚ bahkan makan nasipun skrng sedikit...jadi jangan aneh kalau liat bapak gue..makan nasinya sedikit πŸ˜…πŸ˜…

Inilah dasar pengkhawatiran gue sndiri trhdp pnykt keturunan.

Pernah sekali gue lagi ngajar..tiba2 keluar keringet dingin..dan kepala pusing..pusingnya msh normal sih..tapi badan gemetar..trus gue izin pulang disaat itu...naik motor sendiri..harus kuat nyampe rumah.πŸ˜‚πŸ˜‚
 Karna rumah dikunci..gue ke PAUD ambil kunci di mama. Trus mama bilang..mata gue merah dan badan gue panas.. waktu itu mama ngajak berobat.. tapi gue nolak..karna gue rasa gue msh kuat.. nyampe dirumah...gue mkin pusing...gue makan dikit trus gue langsung minum obat.
Keringet dingin gue masih keluar dan badan masih bergetar..
Obat yang biasanya ampuh meredakan pusing gue..disaat itu ga bekerja...yg ada gue makin pusing...pusingnya pake bangeet dan gue jg sampe nangis πŸ˜…πŸ˜…
Dan itu derita yg paling parah yg gue alami πŸ˜‚πŸ˜‚

Kejadian diatas mengingatkan gue kalau bpk sakit..bpk skt bgni biasanya kalau tensi darahnya naik πŸ˜… pemikiran gue udah kemana2..mungkin gue nurunin penyakit dari bpk πŸ˜…πŸ˜…

Walaupun gue di diagnosa sama dokter...itu lambungnya kena..karna g menjaga pola makan dan suka mkn pedas.. πŸ˜…
MemΕ„g sih pada saat kerja pola mkn gue acak2an...
Pagi makan dikit..
Siang kadang g mkn..sekalinya mkn..mkn mie πŸ˜₯πŸ˜₯
Jadi wjar klau gue lmbung nya kena..
Dan skrng gue jaga pola mkn gue..
Karna gue g mau skt bgtu lagi πŸ˜…πŸ˜…


Oke...disini gue akan bhas ttg slah satu dri pnyakit diatas...yaitu darah tinggi.
Gue khawatir aja pnyakit ini mengendap dlm diri gue..krna ada beberapa faktor yg ada dlm dri gueπŸ˜…πŸ˜…


#Lalu apakah darah tinggi itu akan turun temurun ke keturunan?? Saya jadi khawatir πŸ€”πŸ€”
♡Faktor keturunan kecil sekali karena penyakit ini berhubungan erat dengan beberapa faktor yaitu faktor gaya hidup., pola makan dan faktor lingkungan.
》Faktor gaya hidup yang berperan besar adalah merokok dan minum alkohol. (Tapi bpk ku ga suka bgtu πŸ˜ƒ, jadi ini bkn faktor nya dan gue jg ga bgitu..jadi di faktor ini gue aman 😌😌)

》faktor makanan yaitu makanan berlemak, asin dan kebiasaan begadang (kalau ini bisa jadi pemicunya..mungkin pas zaman mudanya makan apa aja masuk dan suka begadang sambil gonjrang ganjreng gitar kesayangannya dan gue juga sama bgtu halnya...kmungkinan faktor ini yg mempengaruhiπŸ˜…πŸ˜…)
Atau dalam keadaan stress juga bisa mempengaruhi tekanan darah... πŸ€”πŸ€”

Trus bagaimana saya mengendalikannya πŸ˜…πŸ˜…
.
.
Gampang aja..ubah gaya hidup yang memicu menimbulkan tekanan darah tinggi..misalnya ;
♡Turunkan berat badan ( tapi saya berat badannya ga over masih normal 😊..walaupun ada temen yg bilang makin gemuk..tapi gue rasa itu efek gue pake gamis...ya..u know me lah πŸ˜…πŸ˜…)

♡kurangi makanan yang asin, sebaiknya konsumsi garam 6gram dalam sehari (kalau ini bisa jadi sih...karna saya lebih suka asin dibanding manis πŸ€”πŸ€” dan suka pada komplen kalau sy masak..krna keasinan..ya selera orang2 kan beda2 πŸ˜…πŸ˜…)

♡makanan asin yang juga harus dikurangi adalah makanan yng diproses dengan garam seperti ikan asin, telur asin, ikan kaleng , juga semua makanan yang diberi pengawet (Na benzoat)

♡kurangi MSG, vetsin, baking soda ( lepas dari sini susah bangeet.. πŸ˜‚πŸ˜‚ tapi icip sedikit mah boleh x ya πŸ˜‰) πŸ˜…πŸ˜…

Sumber 》》http://www.ekstrakherbal.com/artikel-kesehatan/183-darah-tinggi-apakah-penyakit-keturunan-a-bagaimana-pengendaliannya.html


CARA MENCEGAH DARAH TINGGI;
♡ diet rendah lemak. Kurangi makanan gorengan, daging yang banyak lemak , susu full cream, telur dan sebagainya.. ( makan yang disebutkan adalah makanan kesukaan saya semua.. πŸ˜‚πŸ˜‚) tapi kita harus bisa untuk kesehatan walaupun dikit2 😎)

♡ diet rendah garam... (udah dijelaskan kan ya tadi di ☝)

♡ hindari memakan daging kambing, buah durian, atau meminum minuman yang beralkohol (ini jg kesukaan saya semua..kecuali alkohol..haram itu πŸ˜ƒ)

♡ lakukan olah raga secara teratur dan terkontrol. Olahraga yang cocok berupa aktifitas aerobik seperti jalan kaki, berlari, naik sepeda dan berenang ( kalau olahraga mah sering x ya..hh..tapi semaunya gue aja...tiap sore jg jalan n lari..kejar2an sama aqeef πŸ˜…πŸ˜…)

♡berhenti merokok bagi perokok.. (aku no ya 😎)

♡berhenti minum kopi (dulu pecandu banget sama yang namanya kopi πŸ˜…πŸ˜… sehari bisa sampe 3 atau 4 gelas..gelas besar lagiπŸ˜… minum malempun ga ngaruh πŸ˜‚πŸ˜‚ dan semenjak kelas 8 SMP gue off kopi...sampe kuliah...dan kemudian kumat lagi ngopinya..walaupun ga over kaya dlu πŸ˜… paling sebulan cuma minum 1 gelas kopi aja..bahkan sampe ga.minum.sama sekali πŸ˜…πŸ˜… dan semua itu perlu proses 😣 sedikit sedikit mengurangi porsi mnum kopi...yg tadinya 4 gelas 》 3 gelas 》2 gelas 》 1 hari sekali) πŸ˜‚πŸ˜‚
Dll..

Untuk pentakit lainnya. Silahkan cari sendiri aja ya πŸ˜ƒ

Kekhawatiran inilah yang mendasari gue untuk hidup sehat..oke 😌
Jadi jgn berpikir mcam2 lgi ya...

Mudah2an temen2 jg bisa jaga kesehatan dan mkanan yg dikonsumsi dari skrng 😊
Krna banyak orangtua yg menyesal krna pola hdupnya yg dl slah πŸ˜‚πŸ˜‚

Saya rasa sampe disini..klau mau menambahkan silahkan πŸ˜ƒπŸ˜ƒ

Makan itu murah
Yg mahal itu gengsi
Tapi lebih mahal lagi adalah kesehatan
Sehat adalah aset penting..
Wassalamualaikum
Fikah arfiana hardi